Dari Mana Datangnya Minyak Bumi?

14 02 2009

Bagaimana Terjadinya Minyak dan Gas Bumi ?

Ada tiga factor utama dalam pembentukan minyak dan atau gas bumi, yaiyu : pertama, ada “bebatuan asal” (source rock) yang secara geologis memungkinkan terjadinya pembentukan minyak dan atau gas bumi.

Kedua, adanya perpindahan (migrasi) hidrokarbon dari bebatuan asal menuju ke “babatuan reservoir” (reservoir rock), umumnya sandstone atau limestone yang berpori-pori (porous) dan ukurannya cukup untuk menampung hidrokarbon tersebut.

Ketiga, adanya jebakan atau entrapment geologis. Struktur geologis kulit bumi yang tidak teratur bentuknya dapat menciptakan suatu “ruangan” bawah tanah yang menjadi jebakan hidrokarbon. Kalau jebakan ini dilingkupi oleh lapisan yang impermeable, maka hidrokarbon tadi akan diam di tempat dan tidak bisa bergerak kemana-mana lagi.

Sebagaimana kita ketahui di pusat bumi ini ada magma yang selalu panas, sehingga semakin ke dalam akan semakin panas. Dan temperatur ini merupakan hal yang sangat penting dalam pembentukan hidrokarbon. Hidrokarbon kebanyakan ditemukan pada suhu antara 107 oC sampai 177 oC. Ia akan terurai pada suhu diatas 260 oC.

Apa Saja Komponen-komponen Pembentuk Minyak Bumi ?

Minyak bumi merupakan campuran yang rumit dari ratusan rantai hidrokarbon, yang umumnya tersusun atas 85% karbon (C) dan 15% hidrogan (H). Selain itu juga terdapat bahan organic lainnya dalam jumlah yang kecil dan mengandung oksigen (O), sulfur (S) atau nitrogen (N).

Ada 4 macam jenis-jenis hidrokarbon jika kita golongkan menurut umur dan kedalamannya, yaitu : young shallow, old shallow, young deep, dan old deep. Minyak bumi young shallow biasanya bersifat masam (sour), mengandung minyak bahan aromatic, sangat kental dan kandungan sulfunrnya yang tinggi. Minyak old shallow biasanya kurang kental, titik didih yang lebih rendah dan rantai paraffin yang lebih pendek. Old deep membutuhkan waktu yang paling lama untuk pemprosesan, titik didihnya paling rendah, juga viskositasnya paling encer. Sulfur yang tekandung dapat terurai menjadi H2S yang dapat lepas, sehingga old deep adalah minyak mentah yang dikatakan “sweet”. Minyak inilah yang paling banyak diinginkan karena ia dapat menghasilkan bensin (gasoline) yang paling banyak.

Berapa Waktu yang Dibutuhkan untuk Membentuk Minyak Bumi ?

Sekitar 30-juta tahun yang lalu lebih dari 50% cadangan minyak bumi telah terbentuk. Cadangan lainnya diperkirakan bahkan lebih tua lagi. Dari sebiah fosil yang ditemukan bersamaan dengan minyak bumi dari jaman Cambrian, diperkirakan umurnya sekitar 544 sampai 505 juta tahun yang lalu.

Geologist sepakat bahwa minyak bumi terbentuk selama jutaan tahun dari organism, tumbuhan dan hewan, berukuran sangat kecil yang hidup di lautan purba. Begitu organism ini mati, badannya terkubur di dasar lautan lalu terkubur pasir dan lumpur, membentuk lapisan yang kaya zat organic yang akhirnya akan menjadi batuan endapan. Lalu selama jutaan tahun berikutnya, lautan akan menyusut atau berpindah tempat kerena proses geologi.

Selain Bahan Bakar, Apa saja yang Dapat Dibuat dari Minyak dan Gas?

Ban mobil, disket computer, kantung plastic, sandal, tali nilon, boneka, colokan listrik, crayon, atap rumah, kamera, lem, foto, kapsul untuk obat, aspirin, pupuk, tuts piano, lipstick, jam digital, kaca mata, kartu kredit, balon, shampoo, bola golf, cat rumah, lensa kontak, antiseptic, piring, cangkir, tenda, deodorant, pasta gigi, obat serangga, CD, gorden, pengering rambut, parfum, bola sepak, pakaian, tinta, koper, pelampung, pewarna, lilin, paying, mobil-mobilan, pengawet makanaan, pulpen….dan lain-lain yang ditak terhitung jumlahnya. Dapatkan kalian menyebutkan yang lain?


Actions

Information

Leave a comment