Mengapa Pengerjaan Logging Dilakukan ?

22 02 2009

Logging adalah teknik untuk mengambil data-data dari formasi dan lubang sumur dengan menggunakan instrument khusus. Pekerjaan yang dapat dilakukan meliputi pengukuran data-data property electrical (resistivity dan conductivity), data nuklir aktif dan pasif, ukuran lubang sumur, pengambilan sample fluida formasi, pengukuran tekanan formasi, coring dari dinding sumur, dsb.

Logging tool (peralatan utama logging, berbentuk pipa pejal berisi alat pengirim sensor dan penerima sinyal) diturunkan ke dalam sumur melalui tali baja berisi kabel listrik ke kedalaman yang diinginkan. Biasanya pengukuran dilakukan pada saat logging tool ini ditarik ke atas. Logging tool akan mengirim sesuatu “sinyal”  (gelombang suara, arus listrik, tegangan listrik, medan magnet, partikel nuklir, dsb) ke dalam formasi lewat dinding sumur. Sinyal tersebut akan dipantulkan oleh berbagai macam material di dalam formasi dan juga material di dinding sumur. Pantulan sinyal ini kemudian ditangkap oleh sensor  penerima di dalam logging tool lalu dikonversi menajdi data digital kemudian ditransmisikan lewat kabel logging ke permukaan. Sinyal digital tersebut lalu diolah oleh computer menjadi berbagai macam grafik dan tabulasi data yang diprint pada continous paper yang dinamakan log. Kemudian log tersebut akan diintrepertasi dan dievaluasi oleh geologist dan ahli geofisika. Hasilnya sangat penting untuk pengambilan keputusan baik pada saat pemboran maupun pada saat produksi nanti.

Logging While Drilling, adalah pengerjaan logging yang dilakukan bersamaan pada saat membor. Alatnya dipasang di dekat mata bor. Data dikirim melalui pulsa tekanan lewat lumpur pemboran ke sensor di permukaan. Setelah diolah lewat serangkaian computer, hasilnya juga berupa grafik log di kertas. LWD berguna untuk member informasi formasi (resistivity, porositas, sonic, gamma ray) sedini mungkin pada saat pemboran.

Mud Logging, adalah pekerjaan mengumpulkan, menganalisis, dan merekam semua informasi dari partikel solid, cairan dan gas yang terbawa ke permukaan oleh lumpur pada saat pemboran. Tujuan utamanya adalah untuk mengetahui berbagai parameter pemboran dan formasi lumpur yang sedang dibor.


Actions

Information

One response

13 02 2010
Review: DK-2205 Brother, Great Label for Ebay.. | ReviewsNowOnline.info

[…] Mengapa Pengerjaan Logging Dilakukan ? « Centre for Petroleum Studies […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: